Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 29 April 2014

Memanfaatkan Edmodo sebagai Kelas Online

Jika Bapak/Ibu Guru berminat membangun sebuah kelas online, saya rekomendasikan Edmodo sebagai salah satu solusinya. Layanan ini gratis dan terbuka bagi siapa saja. Dengan memiki akun di Edmodo anda bisa membangun kelas online sendiri untuk mata pelajaran yang diampu. Apa sebenarnya Edmodo ini? Edmodo merupakan layanan jejaring sosial khusus untuk sekolah.

Edmodo memungkinkan sebuah Sekolah membangun komunitas bagi guru, siswa dan orang tua serta para pembelajar (guru-guru) membangun kelas online bagi murid-muridnya. Fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Saya sendiri sudah memanfaatkan Edmodo untuk membangun kelas online Prakarya dan Kewirausahaan bagi siswa Kelas X tahun ini (2013/2014). Anda bisa mengunjungi halaman Edmodo saya disini: http://edmodo.com/wawanhartanto.

Kelas Online Wawan Hartanto

Bagaimana Cara Membuat Akun di Edmodo?

Jika anda seorang Guru dan ingin membuat kelas online untuk mata pelajaran anda, silahkan berikan alamat email anda pada kolom komentar tulisan ini. Dengan senang hati saya akan mengundang anda!

Pembuatan Kelas Online

Setelah login di akun Edmodo, anda bisa ciptakan sebuah Group sebagai kelas online anda. Silahkan klik tinda (+) yang terdapat pada menu Group.

Tombol untuk Pembuatan Group Baru
Pada form yang tersedia, masukkan informasi yang diperlukan untuk kelas online anda, meliputi nama kelas, Tingkat serta jenis pelajaran. Sebagai contoh, Anda membuat kelas bernama Kelas Rekayasa untuk Siswa Kelas XI, jenisnya Vocational Studies (karena mapel ini isinya pwembelajaran mengenai ketrampilan/kejuruan). Setelah itu, klik tombol Create.

Form Pembuatan Kelas Online Baru

Tentukan jumlah siswa untuk kelas online ini. Jika tidak yakin anda bisa pilih I'm not sure yet. Kemudian berikan deskripsi singkat mengenai kelas online anda ini. Setelah itu klik Finish.

Form Menentukan Jumlah Siswa & Deskripsi

Kelas baru anda sudah terbentuk. Secara otomatis akan tersedia Group Code untuk kelas anda tersebut. Kode itulah yang harus anda informasikan kepada siswa supaya mereka bisa bergabung (join) ke kelas online anda. Perlu diketahui bahwa jika mereka sudah memiliki akun Edmodo sebelumnya, namun untuk bergabung ke kelas anda mereka butuh informasi Group Code dari anda

Group Code untuk Join
Atau anda juga bisa mengundang siswa supaya join, baik melalui akun Edmodo mereka atau melalui e-mail. Klik tab Join URL, dan kemudian klik tombol Invite.

Tombol Untuk Mengundang Siswa
Tulis alamat email para siswa kedalam kolom yang tersedia. Gunakan tanda koma sebagai pemisah jika ingin mengirim ke banyak alamat email. Setelah itu, klik Send.

Pengiriman Undangan Join via Email
Siswa akan menerima undangan via email mereka. Jika mereka mengklik tautan yang tersedia dalam email tersebut, maka mereka bisa join ke kelas online anda.

Apa yang Bisa Dilakukan di Kelas Online?

Sebagai guru anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini di kelas online anda:
  1. Tanya jawab dengan siswa
  2. Posting tugas yang harus dikerjakan/dikumpulkan oleh siswa
  3. Memberikan penilaian terhadap tugas-tugas yang terkumpul
  4. Membuat ulangan online
  5. Memberikan lencana penghargaan kepada siswa tertentu, dsb.
Sebagai siswa, mereka bisa melakukan beberapa hal berikut di kelas online yang mereka ikuti:
  1. Berinteraksi dengan sesama siswa di kelas yang bersangkutan.
  2. Mengajukan pertanyaan kepada guru
  3. Mengumpulkan tugas yang diberikan guru secara online
  4. Mengerjakan ulangan online, dsb.
Pengelolaan kelas online akan saya muat dalam tulisan-tulisan saya berikutnya.

14 komentar:

  1. bagus ...pembelajaran yang efektif dan efisien..terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Setyawati Ani: makasih bu atas tanggapannya. Kalau Ibu bersedia, saya undang untuk bisa bikin kelas online juga. Silahkan hubungi saya via klik1234@gmail.com

      Hapus
  2. klo ulangan online, bentuknya seperti apa ya pak? apakah memungkinkan? ada kesempatan siswa untuk membuka buku catatan tidak jika mrk menjawab scr online dr rmh?

    BalasHapus
  3. Bisa Multiple choice, jawaban singkat, menjodohkan, benar-salah dsb. Tersedia banyak pilihan bentuk soal. Tentu saja mereka bisa saja membuka buku catatan atau dibantu orang lain saat mengerjakan. Itulah mengapa kita harus pandai-pandai dalam membikin soal. Serta mungkin perlu menekankan kepada siswa akan pentingnya kejujuran saat mengerjakan soal. Barangkali ada ide?

    BalasHapus
  4. saya mr.black_manis@yahoo.com:
    mohon dibantu membuat akun di edmodo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Abd Ghofar, saya sudah kirimkan link untuk koneksi ke Edmodo. Silahkan check email. Atau bisa juga pakai link ini: www.edmodo.com/wawanhartanto/referral

      Hapus
  5. terima kasih infonyanya. saya juga mau ikutan buat kelas online ya. mohon izin untuk pakai link www.edmodo.com/wawanhartanto/referral untuk koneksi ke Edmodo.

    BalasHapus
  6. Tertarik juga nih .. pak
    untuk SMP bisa kan?
    email pakarifsmptigasalam@gmail.com

    BalasHapus
  7. ikut gabung pak
    adeciawi@yahoo.co.id
    terima kasih pak

    BalasHapus
  8. bisa gabung pak
    herdidyka@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
  9. Mhon dikonfirmasi sy tertarik dan minat sekali untuk pelajaran saya
    infoklsxiitn1@gmail.com

    BalasHapus
  10. mohon dibantu Pak

    agusrustanto@gmail.com

    terimakasih Pak

    BalasHapus
  11. Ikut gabung pak... 🙏 ainurkudus8@gmail.com

    BalasHapus